APEC



Asian Pacifik Economic Coorporation (APEC)

 

- Terkait arti logo APEC Indonesia 2013 dijelaskan, logo tersebut melambangkan proses dinamika dan peningkatan perkembangan ekonomi di kawasan Asia Pasifik. Menurutnya, logo itu terinspirasi dari bilah bambu, sebagai simbol ketahanan, kekuatan, dan fleksibilitas, Sedangkan garis lurus yang menumpuk, yakni mewakili 21 Ekonomi anggota APEC yang memiliki komitmen untuk bekerja sama erat.

- Apec adalah suatu forum kerjasama yang penting dan strategis alam perekonomian dunia 

-Apec berada pada kawasan Asia – Pasifik.
Suatu kawasan yang wilayahnya mencakup wilayah 
negara-negara yang terletak di lingkar luar Samudra Pasifik. Yang masuk ke dalam kawasan ini adalah negara-negara Amerika Serikat (AS), Australia, Brunei Darussalam, Cile, Cina, Filipina, Hongkong, Indonesia, Jepang, Kanada, Korea Selatan, Malaysia, Meksiko, Papua Nugini, Peru, Rusia, Selandia Baru, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.
- APEC resmi terbentuk pada bulan Nopember 1989 di Canberra, Australia.

- APEC merupakan organisasi kerjasama regional di kawasan Asia-Pasifik yang beranggotakan 21 negara.

- Anggotanya terdiri dari
Amerika Serikat (AS), Australia, Brunei Darussalam, Cile, Cina, Filipina,
Hongkong, Indonesia, Jepang, Kanada, Korea Selatan, Malaysia, Meksiko, Papua Nugini, Peru, Rusia, Selandia Baru, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam 

- tujuan terbentuknya Apec yaitu :
1.      melakukan liberalisasi perdagangan dan investasi, serta meningkatkan permanfaatan sumber daya alam dan kualitas sumber daya manusia
2.      mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik.

- Markas besar Apec yaitu berada di Canbera Australia

- Sejarah Apec. APEC merupakan singkatan dari Asia Pacific Economic Cooperation, yaitu wadah kerja sama bangsa-bangsa di kawasan Asia Pasific di bidang ekonomi. APEC resmi terbentuk pada bulan Nopember 1989 di Canberra, Australia. Pembentukan forum ini merupakan usulan mantan Perdana Menteri Australia, Bob Hawke, yang merupakan kelanjutan dari berbagai usulan dan upaya untuk mengadakan kerja sama ekonomi regional Asia Pasific.

APEC mendukung sepenuhnya sistem perdagangan multilateral serta yakin bahwa perdagangan dan investasi bebas akan mampu mengantarkan Asia Pasifik menjadi kawasan yang memiliki peran penting dalam perekonomian dunia.

Comments