Laptop Anda Sering Tiba - Tiba Mati Sendiri? Mungkin Ini Penyebabnya

Mengapa komputer tiba-tiba mati sendiri ? - Pertanyaan tersebut memang tidak terasa asing lagi bagi kita, pasalnya banyak sekali pengguna komputer atau laptop yang mengalami kejadian ini yang membuat kita pusing dan putus asa, Apalagi seorang gamers kalau pas ngegame menggunakan komputer atau laptop tiba-tiba mati dan pas seru-serunya lagi, bisa-bisa dibanting tuh laptop.


Laptop Cepat Panas

Masalah ini memang mirip seperti kerusakan laptop karena kejadian tersebut tidak ada peringatan sama sekali tidak ada ketika komputer atau laptop dalam keadaan hidup atau mode on. Kejadian ini mirip seperti arus ke komputer putus, karena komputer langsung mati tanpa adanya blue screen atau apapun.



Kemungkinan komputer atau laptop mati adalah terjadinya kerusakan pada perangkat keras (hardware) dan yang satunya lagi adalah perangkat lunak (Software), akan tetapi secara umum kerusakan yang terjadi adalah pada bagian hardware dan kemungkinan kerusakan Software sangat kecil sekali.

Ada banyak permasalahan yang menyebabkan komputer atau laptop sobat mati sendiri, dan yang saya bahas kali ini adalah permasalaha pada hardware komputer atau laptop sobat yang mengalami permasalahan ini yaitu komputer atau laptop sobat tiba-tiba sering mati sendiri.

Berikut permasalahan yang sering terjadi sebagai penyebab komputer tiba-tiba sering mati sendiri, dan saya rangkum sedemikian rupa sehingga anda mudah paham dan mengerti :

Laptop atau Komputer Panas
Hali ini merupakan salah satu penyebab komputer atau laptop mati sendiri, karena komputer dan laptop di lengkapi dengan system sistem yaitu komputer akan mati sendiri apabila suhu komputer mencapai suhu tertentu.
Solusi
Solusinya cukup mudah yaitu anda hanya perlu memastikan beberapa hal pada komputer dan laptop sobat yaitu pada fan dan saluran udara yang memungkin kan panas tidak terperangkap di CPU, Jika membeli casing baru sarankan memilih yang banyak rongga udaranya dan jangan memilih yang stylilist tetapi lubang rongga udaranya sangat minim sekali. Jika di lubang ventilasi pada laptop sudah dan akan menutupi lubang, sesegeralah membersihkannya dan saya sarankan menggunakan Colling pad pada laptop sobat supaya sirkulasi udara bisa secepat mungkin.

Ram
Perlu sobat sekalian tahu bahwa Ram juga bisa menyebabkan komputer dan laptop tiba-tiba mati sendiri atau sering hang ( suatu keadaan dimana komputer memperhentikan semua aktifitasnya ), itu disebabkan oleh kedudukan ram tidak pas atau ram sudah lama tidak dibersihkan dari debu atau yang lain secara rutin yang sehingga kaki ram bisa korosi yang mengakibatkan ram dan socket ram tidak tersambung dengan sempurna.
Solusi
Jika mengalami kejadian ini pada ram sobat, lepas ram dan bersihkan semua kaki dengan penghapus pensil. Jika sudah bener-bener bersih letakkan prossesor kembali ke socketnya dengan benar.


Processor / prosesor
Processor merupakan bagian yan paling penting yang disebut-sebut sebagai jantungnya pc atau laptop sobat, jika prosesor terlalu panas maka dengan sendirinya pc atau laptop sobat akan tiba-tiba mati sendiri tanpa adanya peringatan sebelumnya. Ini bisa saja terjadi karena antara fan dengan prosessor tidak melekat secara sempurna dan pasta di antara fan dan prosessor sudah kering, dan bisa saja prossesor overheating karena sobat menginstal sistem operasi yang recommend requirment nya tidak memenuhi syarat.
Solusi
Ganti pasta prosesor dengan yang baru dan usahakan antara fan dengan prosesor menempel dengan sempurna.

Semoga artikel saya ini membantu dan bermanfaat bagi sobat yang mengalami kejadian ini, sekian dan terima kasih

Comments