Orang yang dimurkai Allah SWT.

Orang yang dimurkai Allah.


Setiap muslim pasti ingin mencintai Allah SWT, karena itu kita dituntut untuk melakukan hal-hal yang membuat Allah cinta, bukan yang dimurkai-Nya. Di dalam hadits, disebutkan kelompok orang yang dimurkai Allah SWT,
اَرْبَعَةُ يُُبْغِضُهُمُ اللّهُ : الْبَيَّاعُ الْحَلاَّفُ وَالْفَقيْرُ الْمُخْتَالُ وَالشَّيْخُ الزَّانِى والإِمَامُ الجَائِرُ
“Empat orang yang dimurkai Allah, yaitu penjual yang suka bersumpah, fakir yang sombong, orang tua yang berzina, dan penguasa yang zalim.” (HR an-Nasa’i dan Baihaqi)
Empat kelompok manusia yang dimurkai Allah ini perlu kita bahas agar kita bisa menjaihi perbuatan tersebut;
1    1. Pedagang Yang Bersumpah
Dalam dunia perdagangan, untung boleh diraih, penawaran harga yang murah memang boleh dilakukan, namun kejujuran antara pedagang dan pembeli haruslah diutamakan, apalagi sampai bersumpah palsu, Allah SWT berfirman :
            “Dan janganlah kamu jadikan sumpah-sumpahmu sebgai alat penipu di antaramu, yang menyebabkan kaki(mu) tergelincir setelah  tegaknya (kukuh), dan kamu akan merasakan keburukan (di dunia) karena kamu menghalangi (manusia) dari jalan Allah, dan kamu akan mendapat azab yang besar” (QS an-Nahl : 94)
2    2. Orang Miskin Yang Sombong
Allah SWT membenci kesombongan, karena itu tak ada tempat di sisi Allah untuk siapapun yang menyombongkan diri. Firman Allah ;
            “Tidak diragukan lagi bahwa Allah apa yang nereka rahasiakan dan apa yang mereka lahirkan, sesungguhny Dia tidak menyukai orang yang sombong” (QS an-Nahl : 23)
Dosa pertama yang membuat para iblis diusir dari surga adalah lantaran kesombongan mereka yang tak mau bersujud kepada nabi Adam as.
3     3. Orang Tua Yang Berzina
Zina merupakan perbuatan yang sangat tercela, karena itu hukumannya sangatlah berat, sesuai dengan apa yang difirmankan oleh Allah SWT :
            “Pezina perempuan dan pezina laki-laki, deralah masing-masing dari keduanya seratus kali, dan janganlah rasa belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama (hukum) Allah, jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan  oleh sebagian orang-orang yang beriman.” (QS an-Nur : 2)
            Tercelanya perbuatan zina pada dasarnya berlaku untuk semua kalangan manusia, apalagi jika zina itu dilakukan oleh orang yang sudah tua.
4     4. Penguasa Yang Zalim
Penguasa mestinya menjadi pelayan bagi masyarakat, bukan malah sebaliknya. Dalam perjalanan kehidupan umat manusia, amat banyaak penguasa yang maunya dilayani oleh masyarakat bahkan cenderung menyakiti rakyatnya.
Dengan kepemimpinan, seorang bisa terjerusmus kedalam siksa api neraka atau akan menuntunnya menuju surga. Tergantung dari apakah ia mampu untuk bersikap adil kepada rakyatnya atau tidak. Disebutkan dalam sebuah hadis bahwa seorang imam /pemimpin yang adil akan mendapatkan naungan di hari dimana tidak ada naungan selain naungan Allah, dan doa seorang pemimpin yang adil tidak akan di tolak oleh Allah SWT.
Sedangkan jika ia berbuat zalim kepada rakyatnya, maka sangat merugilah ia, bahkan seorang pemimpin yang tidak adil adalah termasuk golongan yang pertama kali masuk neraka, seperti yang telah diberitakan oleh Rasulullah :
            “Tiga orang yang pertama masuk neraka, yaitu pemimpin yang sewenang-wenang, orang yang mempunyai harta yang tidak membayar hak Allah dalam hartanya, dan orang fakir yang sombong.”  (HR Ahmad, Hakim, dan Baihaqi)

Comments